PERSIAPAN SEBELUM TES CAT

Well, percaya nggak percaya. Doa itu punya kekuatan luar biasa. Kesungguhan hati, usaha untuk belajar soal-soal CAT Dan Doa.

Sebagai orang beragama islam, menurutku benar bahwa sholat dhuha itu mujarab. Sholat dhuha itu membuka pintu rejeki. Sebelum sholat tahadjud atau sholat hajat. Sholat taubat di dahulukan dulu. Aku itu nggak pintar Dan bukan siswa top Di sekolah atau kampus. Otak ku sedang kapasitas nya. Berikut persiapan Ku sebelum CAT:

  1. Sebelum mendaftar, pilih formasi sesuai kemampuan diri. Main strategi. Jangan asal daftar.
  2. Persiapkan persyaratan berkas dengan seksama, baca aturan main dengan hati-hati. Instansi tidak Akan mentolerir kesalahan berkas sedikitpun. Intinya jangan berharap belas kasihan kalau berkas Yang diupload tidak sesuai aturan main dari intansi. Aturan SSCN dan instansi terkait persyaratan, lebih mengikat aturan instansi. Buka website resmi instansi. Download aturan resmi mereka. Ikuti aturan mereka Dan bukan SSCN. SSCN hanya mengatur secara global. Instansi mengatur secara khusus. Tidak Ada maaf untuk kesalahan berkas dan biasa Kan kawan- kawan selalu tanamkan itu dalam diri. Instansi tentu ingin pegawai yang teliti, karena itu suatu bentuk penghargaan kawan-kawan terhadap instansi.
  3. Sebelum klik pendaftaran, berdoa dahulu.
  4. Selama proses seleksi berkas. Berdoa agar internet lancar. Berkas tidak Ada yang buram.
  5. Mulai dari pendaftaran, Aku biasa Kan sholat taubat di sepertiga Malam Dan sholat dhuha 4 rakaat di pagi hari hingga pengumuman hasil seleksi berkas.
  6. Cek terus website resmi instansi. Tidak Ada dispensasi atas keteledoran kawan-kawan yang tidak membaca pengumuman. Ikuti aturan selanjutnya. Download semua aturan yg dilampirkan. Pelajari baik-baik. Percaya atau tidak, selalu ada aja kawan-kawan yang tidak baca aturan. Sehingga terkadang berakibat sangat fatal dengan digugurkan pelamar.
  7. Jika teman-teman Lulus berkas. Saatnya tingkatan ibadah. Sholat hajat Dan sholat tahadjud serta belajar CAT. Dulu, belum pakai CAT, uang saku sangat terbatas untuk beli paket internet. Aku hanya sanggup membeli buku termurah yang berisi soal CPNS. Setelah sholat malam, Aku pelajari soal-soalnya hinggq sholat subuh datang. Setelah subuh masih ada waktu untuk belajar soal. Jam 6 sudah mulai aktifitas dan biasanya akan sulit pegang buku lagi. Jika ada waktu luang, Aku sempatkan lagi selesai kan beberapa soal. Menurutku pagi dini hari adalah saat yang tepat untuk belajar. Otak ku lebih gampang menyerap isi buku.
  8. Ikuti aturan selanjutnya dari instansi. Apakah ada daftar ulang, pengambilan kartu, kirim berkas fisik atau apapun. Setiap instansi tidak akan menerima alasan bahwa kawan-kawan mengira instansi A sama aturannya dengan instansi B. Jika kawan-kawan tidak baca atau download aturan dari website resmi, anda Akan dianggap tidak menghargai instansi serta diragukan kesungguhannya untuk melamar di instansi tersebut.
  9. Tidak ada rotan akarpun jadi. Jika di daerah kawan-kawan susah jaringan internet. Maka jika ada sanak keluarga atau teman yang tinggal di kota, minta pertolongan pada mereka untuk cek kan website. Yah 2 Hari sekali japri. Tidak Ada alasan bahwa anda tidak baca pengumuman, ingat bahwa instansi tidak mau tahu bagaimana perjuangan anda untuk mendapat informasi. Hal ini sebagai challenge kesungguhan anda menjadi CPNS di instansi tersebut.
  10. Sebelum tanggal CAT diumumkan, sholat taubat, sholat hajat, sholat tahadjud Dan sholat dhuha setiap hari. Selain itu juga belajar soal-soal, sempat kan pula infaq dan shodaqoh.
  11. Cek tempat CAT sehari sebelum nya atau datang 3-4 jam sebelumnya. Sehingga jika ada perubahan lokasi, Masih Ada kesempatan untuk mencapai lokasi tersebut. Lebih baik menunggu Di tempat lokasi ujian , daripada terlambat. Pastikan sudah mengikuti aturan berpakaian sesuai petunjuk Dari masing-masing instansi.
  12. Sebelum tes CAT. Sempatkan sholat dhuha 8 rakaat. Minta Yang maha kuasa untuk membukakan pintu rejeki Dan diberikan ketenangan hati serta pikiran saat mengerjakan soal-soal.
  13. Sarapan atau jangan lewatkan waktu makan. Pamit dengan orangtua. Mohon doa restu sebelum berangkat ke tempat tes.
  14. Bawa bekal dalam tas yang bisa disantap setelah tes CAT.
  15. Perlu diingat bahwa semua orang yang pergi tes CAT punya harapan untuk lulus. Doa mereka sama. Doa orangtua Dan keluarga mereka juga Sama. Jadi ketika kawan-kawan tidak lulus, berpikiranlah Yang positif bahwa doa Dan upaya sudah kawan-kawan usahakan yang terbaik. Sholatnya tetap dipertahankan, karena hal ini Akan membuka pintu rejeki di tempat yang lain. 
Selamat menjalankan tes CAT kawan-kawan. Bulatkan tekad dan serahkan semua kepada Yang Maha Kuasa. Don't make excuse that you failed bcoz you don't have time for study. If you want it, then you will study hard.

Aku sering dengar alasan seperti itu. Logika nya, mana ada sesuatu bisa diraih tanpa usaha. Yang Maha Kuasa bisa lihat mana bersungguh-sungguh. Rejeki sudah diatur. Tapi jika tidak Kita usahakan dengan sebaik-baiknya. Bagaimana pintu rejeki mau terbuka untuk Kita?

Komentar