TIPS LOLOS SELEKSI PEMBERKASAN MELALUI SSCN



Berkaca dari proses pererimaan CPNS 2018, yang pada saat aku menulis ini masih dalam proses pengambilan kartu peserta ujian. Banyak sekali kawan-kawan yang gugur di pemberkasan karena kurang hati-hati dalam membaca peraturan. Sayang sekali jadinya, sudah capek-capek pergi ke puskesmas, legalisir kampus, ujian tes TOEFL, dan segalanya tapi justru gugur sebelum berperang. Berperang di sini maksud ku adalah ikut Tes CAT (Computer Assistant Test). Di CAT justru lebih banyak yang berguguran karena ada batas standar nilai yang ditetapkan oleh negara. Berikut Tips dari ku:

  1. Pantau situs www.bkn.go.id dan www.menpan.go.id/site/, karena kedua situs tersebut sumber terpercaya terkait info pendaftaran CPNS.
  2. Menurut pantauan ku, situs sscn.bkn.go.id baru bisa diakses ketika sudah ada pengumuman resmi dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan KEMENPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi).
  3. Kalau tahun 2018 ini, situs SSCN sudah dibuka sebelum pengumuman lowongan dari instansi dipublikasikan. Sehingga pelamar bisa daftar jauh-jauh hari. Melakukan verifikasi pendaftaran di SSCN tidak mudah karena sistemnya online dengan disdukcapil. Jika ada masalah atau ketidaksesuaian data, harus diperbaiki dulu ke instansi tersebut. Kepengurusan bisa seminggu. Prinsipnya, makin cepat makin baik sehingga seminimal mungkin menghindari antrian kawan-kawan pelamar lain yang mau perbaikan data juga.
  4. Setelah kurang lebih seminggu, pengumuman lowongan diumumkan di SSCN. Berdasarkan pengumuman CPNS tahun 2017 dan 2018, jadwalnya selalu mundur sehari. Jadi ya nggak usah cemas kalau belum ada pengumuman sesuai yang dijadwalkan. Santai saja. Setelah 3 harian, sudah banyak instansi yang bermunculan.
  5. Pelajari masing-masing peraturan instansi yang kawan-kawan minati. Tolong dibaca baik-baik peraturan dan persyaratan nya. Setiap instansi diberi kewenangan untuk menentukan aturan mainnya. Jadi selalu ada perbedaan antara instansi satu dengan lainnya. 
  6. Kunjungi situs resmi dari instansi yang kawan-kawan minati, misal tertarik dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), selain cek persyaratan di SSCN, kunjungi juga lipi.go.id sebagai halaman website resmi dari LIPI. Mungkin ada penambahan aturan atau perubahan aturan pendaftaran. You should check it. Jangan sampai gugur hanya karena tidak mengetahui adanya aturan tambahan dari instansi tersebutl. Website instansi lain, tinggal googling.
  7. Pendaftaran CPNS tahun 2018 ini adalah dengan mengupload berkas. Ada beberapa instansi yang tetap mengirimkan berkas, instansi lainnya tidak. Jadi pelajari baik-baik keunikan dari setiap instansi.
  8. Pelajari Formasi jabatan yang akan kawan-kawan lamar. Apakah formasi tersebut sesuai dengan bidang studi, walaupun dari segi Fakultas atau jurusan, sudah terpenuhi. Di Indonesia ini, fakultas dan prodi bisa berbeda-beda antara kampus yang satu dengan yang lainnya. Biasanya akan dicek transkrip kawan-kawan. 
  9. Sebelum mengirim berkas di SSCN, tanya dulu sama helpdesk dari instansi yang kalian minati. Helpdesk juga manusia. Mereka baru bisa membalas pertanyaan di jam-jam kantor. Misalnya Kantor pusatnya di JAKARTA, jadi sesuaikan jam kalian dengan waktu indonesia bagian barat. Beri waktu sehari atau 2 hari, dikarenakan pekerjaan helpdesk ini dikerjakan sembari mengerjakan tugas kantor mereka yang lain.
  10. Jika tidak kunjung ada jawaban, silahkan konsultasi dengan perwakilan instansi tersebut di kota mu. Jika tidak ada , menunggu lah dengan sabar jawaban help desk.
  11. Sebaiknya berkas di scan dengan mesin scanner, dan bukan dengan camera HP yang telah diinstal scanner karena bisa jadi kawan-kawan gugur hanya karena scan berkas tidak jelas / buram. Hasil scanner HP ketika diperkecil resolusinya, gambar bisa pecah dan tidak terbaca.
  12. Pilih hari saat kawan-kawan merasa tenang untuk berjuang mengunggah, dikarenakan SSCN setengah mampus di akses. Dimulai dengan berdoa, dan jaringan internet yang baik. SSCN diakses oleh seluruh kawan-kawan pelamar se-indonesia. Bisa dibayangkan, 1 pintu tapi yang masuk ada jutaan orang. Pasti ada yang gagal mengunggah.
  13. Saya tidak menyarankan untuk mendaftar di weekend , biasanya itu saat maintenance server. Pegawai libur, Helpdesk juga libur biasanya. Super slow response.
  14. Kawan bisa mendaftar di weekend, dengan catatan bahwa senin pendaftaran ditutup. Maka bisa dipastikan semua pegawai bagian server akan lembur di weekend untuk memastikan server berjalan normal sampai hari senin tiba.
  15. Terkadang ada pelamar yang gagal unggah berkas karena jaringan internet, sehingga berkasnya kurang. Kasus seperti ini biasanya gugur. Hal ini jarang sekali terjadi, dari 300 lebih berkas yang aku lihat, hanya 2 yang seperti ini. Ini takdir Tuhan. Kebanyakan gugur karena tidak baca peraturan dengan benar. Persentase gugur karena ketidaktelitian sekitar 75%. 
  16. Instansi di Jawa biasanya sangat ketat dalam menyeleksi pelamar. Bayangkan ribuan yang daftar euy. Hal ini berbeda dengan instansi luar jawa, yang tidak seketat jawa dikarenakan sedikit pelamar. Kekurangan berkas yang tidak terlalu fatal mungkin masih bisa ditoleransi. Tapi ini semua tergantung kebijakan dari masing-masing instansi.
  17. Pantau website resmi instansi yang kawan-kawan inginkan, biasanya setelah ada pengumuman lolos berkas, ada peraturan tambahan. Ingat, jangan lengah. Pertarungan belum usai. Aturan main harus dibaca baik-baik.
  18. Biasanya instansi memiliki situs jejaring sosial seperti twitter, facebook, atau situs khusus yang dibuat utk cpns. Check all of it.
  19. Terakhir. Berdoa lah agar yang menyeleksi tidak sakit matanya karena melihat berkas yang terlalu banyak hingga menggugurkan anda. Berdoa juga agar internet lancar hingga lolos upload berkas semua. Berdoa juga agar tuhan YME, melancarkan usaha kita semua. 

Hal yang perlu diingat adalah bahwa menjadi PNS bukanlah segalanya. PNS adalah salah satu lapangan pekerjaan diantara lapangan kerja yang lain. Wish you all the best

Komentar